Kamis, 24 Juli 2014



JUMAT, 01 JUNI 2012




Perangkat keras yang digunakan untuk akses Internet
Untuk melakukan akses Internet  selain seperangkat komputer minimal sistem operasi yang digunakan adalah window 95 perlu didukung peralatan yang lain antaranya :

1.   Modem
            Modem singkatan dari Modulator Demodulator berfungsi untuk mengubah gelombang analog menjadi sinyal digital dari kabel telepon sehingga komputer dapat terkoneksi dengan internet. Modem dirancang untuk beroperasi pada kecepatan tertentu biasanya 300, 1200, 2400, 4800 atau 96000 bit per detik dan seterusnya kecepatan modem menentukan kecepatan transmisi data.
ADSL adalah type modem untuk penggunaan accses internet kecepatan tinggi. Umumnya modem ADSL merupakan integrasi  dari modem, firewall dan ethernet switch serta router dan mungkin juga dengan transiever. Modem ADSL bekerja pada frekwensi yang berbeda dengan  frekwensi yang digunakan dalam percakapan telephon sehingga saluran telephon dapat digunakan untuk percakapan bersamaan dengan penggunaan transmisi data melalui modem ADSL.

2.   Saluran Telepon atau  TV Kabel atau Hand Phone (HP)
      Saluran Telepon merupakan perangkat keras yang harus disediakan dalam rangka akan membangun internet. Selain itu dapat digunakan pula handphone atau telepon seluler yang menyediakan modem dalam alat tersebut sehingga memungkinkan dihubungkan dengan kabel  data untuk akses internet. Dengan handpone atau saluran kabel dan modem dial up kita dapat melakukan akses internet, misalnya melalui Telkomnet Instans tanpa harus mendaftar dulu.
Untuk jaringan internet lainnya penggunaan modem dial up harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu ke ISP, misalnya CBN dan Indoinstans. Menghubungkan komputer ke internet melalui sambungan jaringan handphone. Dapat dihubungkan melalui Bluetooth maupun usb cable data. Saat online jalur telepon juga tidak terganggu. Bisa menggunakan jaringan GSM maupun CDMA. GSM dapat lebih cepat dengan teknologi 3G atau bahkan teknologi terbaru high speed 3,5G. Sedangkan CDMA menggunakan teknologi CDMA 2000 1x hampir setara dengan 3G. Perhitungan biaya hampir sama semua yaitu menggunakan sistem perhitungan per kilobyte. Kecepatan mulai dari 64kb - 2mb

3.   Internet Servis Provider (ISP)
      Internet Servis Provider (ISP) merupakan jasa pelayanan yang diberikan salah satu perusahaan untuk melayani akses internet, dimana pemakai diharuskan untuk mendaftar terlebih dahulu, baru setelah  itu ISP tersebut memberikan User ID dan Password kepada pelanggannya.

4.   User ID dan Password
      Untuk menjaga keamanan dari para pengguna internet, ISP memberikan User ID yang disertai Pasword. User ID merupakan identitas pelanggan yang diberikan ISP untuk akses Internet, sedangkan pasword merupakan kata kunci untuk akses internet yang hanya diberikan kepada pelanggan yang mengakses internet, kecuali telkomnet instans memiliki User ID Pasword ynag sama untuk pengguna dan pelanggan internet.

Ethernet Card
Kartu Jaringan (Network Interface Cards (NIC)) merupakan perangkat yang menyediakan media untuk menghubungkan antar komputer, kebanyakan kartu jaringan adalah kartu internal, yaitu kartu jaringan yang di pasang pada slot ekspansi di dalam komputer.
Beberapa komputer seperti komputer MAC, menggunakan sebuah kotak khusus yang ditancapkan ke port serial atau SCSI port komputernya. Pada komputer notebook ada slot untuk kartu jaringan yang biasa disebut PCMCIA slot.
Kartu jaringan yang banyak terpakai saat ini adalah  Kartu jaringan Ethernet (Ethernet Card), LocalTalk konektor, dan kartu jaringan Token Ring. Yang saat ini populer digunakan adalah Ethernet.
Sehingga Ethernet Card dapat diartikan sebagai peralatan yang digunakan untuk memungkinkan koneksi suatu sistem, pada umumnya komputer/PC ke jaringan yang menggunakan frame-based technology (digunakan terutama untuk Local Area Network /LAN).
200px-Network_card            Kartu jaringan Ethernet biasanya dibeli terpisah dengan komputer, kecualiseperti komputer Macintosh yang sudah mengikutkan kartu jaringan Ethernet didalamnya. kartu Jaringan ethernet umumnya telah menyediakan port koneksi untuk kabel Koaksial ataupun kabel twisted pair, jika didesain untuk kabel koaksial konenektorya adalah BNC, dan apabila didesain untuk kabel twisted pair maka akan punya konektor RJ-45. Beberapa kartu jaringan ethernet kadang juga punya konektor AUI. Semua itu di koneksikan dengan koaksial, twisted pair, ataupun dengan kabel fiber optik.

JENIS-JENIS ETHERNET

Jika dilihat dari kecepatannya, Ethernet terbagi menjadi empat jenis, yakni sebagai berikut:
·         10 Mbit/detik, yang sering disebut sebagai Ethernet saja (standar yang digunakan:10Base210Base510BaseT10BaseF)
·         100 Mbit/detik, yang sering disebut sebagai Fast Ethernet (standar yang digunakan:100BaseFX100BaseT100BaseT4100BaseTX)
·         1000 Mbit/detik atau 1 Gbit/detik, yang sering disebut sebagai Gigabit Ethernet (standar yang digunakan: 1000BaseCX1000BaseLX1000BaseSX1000BaseT).
·         10000 Mbit/detik atau 10 Gbit/detik. Standar ini belum banyak diimplementasikan.

Modem & Router

MODEM  merupakan alat yang berfungsi untuk mengubah sinyal digital komputer menjadi sinyal analog dan sebaliknya. Komputer yang melakukan koneksi dengan internet dihubungkan dengan saluran telpon melalui modem.
Berdasarkan fungsinya modem dibagi menjadi tiga jenis. yaitu:
1.   Modem Dial Up
Modem dial Up biasa digunakan oleh Personal Computer (PC) yang langsung dihubungkan melalui saluran telepon.  Jenis modem dial up ada dua macam yaitu:
1.      Modem InternalMerupakan modem yang dipasang dalam komputer terutama pada slot ekspansi yang tersedia dalam mainboard komputer. Rata-rata kecepatan modem internal untuk melakukan download adalah 56 Kbps.
Keuntungan penggunakan modem internal
1.   Lebih hemat tempat dan harga lebih ekonomis.
2.   Tidak membutuhkan adaptor sehingga terkesan lebih ringkas tanpa ada banyak kabel.
Kelemahan modem internal
1.   Modem ini tidak memerlukan lampu indikator sehingga sulit untuk memantau status modem.
2.   Modem ini tidak menggunakan sumber tegangan sendiri sehingga membutuhkan daya dari power supply. Hal ini mengakibatkan suhu dalam kotak CPU bertambah panas.
2.   Modem Eksternal
Modem eksternal merupakan modem yang letaknya diluar CPU komputer. Modem ekternal dihubungkan ke komputer melalui port com atau USB. Pemasangan modem ini adalah dengan cara menghubungkan modem ke power dan menghubungkannya lagi ke adaptor lalu disambungkan kembali ke listrik.
Keuntungan modem eksternal:
1.   Portabilitas yang cukup baik sehingga bisa pindah-pindah untuk digunakan pada komputer lain
2.   Dilengkapi lampu indikator sehingga mudah untuk memantau status dari modem.
Kelemahan dari modem eksternal
1.      Harga lebih mahal dari pada modem internal
2.      Membutuhkan tempat atau lokasi tersendiri untuk menaruh modem tersebut.
2.   Modem Kabel
Modem Kabel (Cable Modem), adalah perangkat keras yang menyambungkan PC dengan sambungan TV kabel. Jaringan TV kabel ini dapat dipakai untuk koneksi ke internet dengan kecepatan lebih tinggi dibandingkan dengan modem dial up atau modem ADSL, kecepatan modem kabel maksimum 27Mbps downstream (kecepatan download ke pengguna) dan 2,5Mbps upstream (kecepatan upload dari pengguna). Sebelum dapat terkoneksi dengan internet, maka pengguna diharuskan untuk melakukan pendaftaran kepada penyedia jasa TV kabel dan ISP (internet Service Provider).
3.   Modem ADSL (asymmetric Digital Subscriber line).

ROUTER adalah sebuah alat jaringan komputer yang mengirimkan paket data melalui sebuahjaringan atau Internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagairouting. Proses routing terjadi pada lapisan jaringan Internet Protocol (IP).

FUNGSI

·         Menghubungkan dua atau lebih rangkaian untuk membentuk satu rangkaian
internetwork.
·         Menghubungkan dua rangkaian yang berlainan protokol.
·         Mengawal keselamatan rangkaian dengan membuat lapisan pada paket.


JARINGAN KOMPUTER

Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputersoftware dan perangkatjaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama. Tujuan dari jaringan komputer adalah:
Agar dapat mencapai tujuan yang sama, setiap bagian dari jaringan komputer meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut pelayan (server). Arsitektur ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.

KLASIFIKASI

Berdasarkan skala :
·         Local Area Network (LAN): suatu jaringan komputer yang menghubungkan suatu komputer dengan komputer lain dengan jarak yang terbatas.
·         Metropolitant Area Network (MAN): prinsip sama dengan LAN, hanya saja jaraknya lebih luas, yaitu 10-50 km.
·         Wide Area Network (WAN): jaraknya antar kotanegara, dan benua. ini sama denganinternet.
Berdasarkan fungsi : Pada dasarnya setiap jaringan komputer ada yang berfungsi sebagaiclient dan juga server. Tetapi ada jaringan yang memiliki komputer yang khusus didedikasikan sebagai server sedangkan yang lain sebagai client. Ada juga yang tidak memiliki komputer yang khusus berfungsi sebagai server saja. Karena itu berdasarkan fungsinya maka ada dua jenis jaringan komputer:
·         Client-server
Yaitu jaringan komputer dengan komputer yang didedikasikan khusus sebagai server. Sebuah service/layanan bisa diberikan oleh sebuah komputer atau lebih. Contohnya adalah sebuah domain seperti www.detik.com yang dilayani oleh banyak komputer web server. Atau bisa juga banyak service/layanan yang diberikan oleh satu komputer. Contohnya adalah server jtk.polban.ac.id yang merupakan satu komputer dengan multi service yaitu mail server, web server, file server, database server dan lainnya.
·         Peer-to-peer
Yaitu jaringan komputer dimana setiap host dapat menjadi server dan juga menjadi client secara bersamaan. Contohnya dalam file sharing antar komputer di Jaringan WindowsNetwork Neighbourhood ada 5 komputer (kita beri nama A,B,C,D dan E) yang memberi hak akses terhadap file yang dimilikinya. Pada satu saat A mengakses file share dari B bernama data_nilai.xls dan juga memberi akses file soal_uas.doc kepada C. Saat A mengakses file dari B maka A berfungsi sebagai client dan saat A memberi akses file kepada C maka A berfungsi sebagai server. Kedua fungsi itu dilakukan oleh A secara bersamaan maka jaringan seperti ini dinamakan peer to peer.



STANDAR KOMPETENSI
Menggunakan peerangkat lunak pembuat grafis
KOMPETENSI DASAR
1.      Menunjukkan menu ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis

INDIKATOR KD 1
§  Mengidentifikasi program disain grafis
§  Menjelaskan pengertian grafis berbasis vector dan grafis berbasis bitmap
§  Mengetahui aplikasi yang digunakan untuk membuat grafis berbasis vector dan grafis berbasis bitmap
§  Menjelaskan pengertian menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis
§  Menerangkan fungsi menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis
§  Mengidentikasi menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis
§  Menampilkan menu dan ikon yang tersembunyi dan menyembunyikan ikon-ikon yang tidak diperlukan


DISAIN GRAFIS  CorelDRAW 12

A.     Pengertian
Disain grafis  adalah program yang digunakan untuk merancang, mendisain suatu bentuk gambar, logo, foto dan lain  sebagainya. Dengan menggunakan program ini kita dapat leluasa melakukan perubahan dan pengeditan gambar sehingga sesuai dengan keinginan kita, karena program ini menyediakan banyak fasilitas sesuai dengan kebutuhan kita dalam mendisain.
Program untuk disain grafis ada bebearap macam diantaranya :
1.      Adove Ilustrator
2.      Beneba Canvas
3.      CorelDRAW
4.      Maromedia Freehand
5.      Metacreations Expression
6.      Micrografx Designer
7.      AutoCAD
8.      Adobe Photoshop
9.      Corel PhotoPaint
10.  Macromedia X-Res
11.  J Paintshop
12.  Metacreations Painter
13.  Metacreations Live Picture
14.  Micrografx Picture Publisher
15.  Microsoft Photo Editor
16.  QFX
17.  Wright Image

B.     Perbedaan Grafis Berbasis Vektor dengan Grafis Berbasis Bitmap
Secara umum semua program disain grafis terdiri dari 2 macam yaitu disain grafis berbasis vektor dan disain grafis berbasis bitmap.
1.         Disain Grafis Berbasis Vektor
Disain Grafis Berbasis Vektor adalah disain grafis yang berbasis besaran dan arah, jika gambar diperbesar beberapa kali gambar tetap enak dilihat karena gambar memiliki pixel-pixel yang sangat banyak dan teratur sehingga memiliki bentuk dan warna yang kontinu.
Program aplikasi yang gunakan untuk menghasil gambar berbasis vektor adalah :
1.      Adobe Ilustrator
2.      Beneba Canvas
3.      CorelDRAW
4.      Maromedia Freehand
5.      Metacreations Expression
6.      Micrografx Designer
7.      AutoCAD
Format gambar yang dihasil dari jenis program diatas dapat dibedakan menjadi 2 macam yaitu :
1.      Scalable Vektor Graphics (SVG)
2.      Encapsulated Postscript (EPS)

2.      Disain Grafis Berbasis Bitmap
Disain Grafis Berbasis Bitmap adalah disain grafis yang memiliki berjuta-juta titik atau pixel dengan warna yang menawan. Jika gambar diperbesar beberapa kali gambar menjadi kabur, pecah dan tidak enak dilihat karena gambar memiliki titik atau pixel warna yang sedikit dan tidak teratur sehingga menjadi rusak dan tidak enak dilihat.
Program aplikasi yang gunakan untuk menghasil gambar berbasis bitmap  adalah :
1.      Adobe Photoshop
2.      Corel PhotoPaint
3.      Macromedia X-Res
4.      J Paintshop
5.      Metacreations Painter
6.      Metacreations Live Picture
7.      Micrografx Picture Publisher
8.      Microsoft Photo Editor
9.      QFX
10.  Wright Image
Format gambar yang dihasil dari jenis program diatas dapat dibedakan menjadi 4 macam yaitu :
1.      Graphics Interchange Format (GIF)
2.      Joint Photographic Experts Group (JPEG)
3.      Portable Network Graphics (PNG)
4.      Windows Bitmap (BMP)
A.     MEMBUKA PROGRAM CorelDRAW 12
Langkah membuka program CorelDRAW 12 :
1. Klik Start
2. Program
3. CorelDraw Graphics Swite 12
4. Klik CorelDRAW 12
Contoh tampilan lembar kerja CorelDraw

B.     MENU DAN IKON DALAM APLIKASI PEMBUAT GRAFIS
Menu adalah bagian-bagian yang berisikan daftar-daftar perintah yang diletakkan pada sebuah batang menu, Toolbar/Ikon adalah bagian-bagian yang berisikan tombol-tombol perintah, menu-menu, atau kombinasi dari keduanya yang diletakkan pada bagian bawah menu bar

C.      Fungsi menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak Disain Grafis

File
Edit
View
Layout
Arrange
Effects
Bitmaps
Text
Tools
Window
Help
A.     Megidentidikasi Komponen Menu
1.      Menu File
Komponen Menu
Fungsi
New (Ctrl + N)
Membuka dokumen baru yang masih kosong
New Form Template
Membuka file baru dari disain template
Open (Ctrl + O)
Membuka dokumen yang pernah dibuat atau disimpan
Close
Menutup file
Save (Ctrl + S)
Menyimpan file disain grafis
Save As
Menyimpan dengan nama yang baru
Revert
Balik ke pertama kali sebelum disimpan
Acquire Image
Memberi efek image/gambar
import
Mengimpor file dari program lain
Export
Mengirim gambar ke program lain
Send To
Mengirim gambar untuk di buat desktop dan lain-lain
Print  (Ctrl + P)
Mencetak disain grafis
Print Preview
Melihat contoh tampilan gambar yang akan dicetak
Print Setup
Mengatur hasik pencetakan
Prepare For Service Bureau
Mengubah file ke CDR
Publish To The Web
Menyimpan ke halamn Web
Publish To PDF
Menyimpan dalan bentuk file PDF
Document Info
Meminta properties tentang dokumen
2.      Menu Edit
Komponen Menu
Fungsi
Undo Mesh Fill (Ctrl+Z)
Untuk membatalkan Mesh Fill yang terakhir
Redo
Untuk kembali ke sesudahnya
Repeat (Ctrl+R)
mengulang
Cut (Ctrl+X)
Memotong objek
Copy (Ctrl+C)
Menggandakan objek
Paste (Ctrl + V)
Menampilkan hasil dari perintah Copy dan Cut
Paste Special
Menampilkan hasil dari perintah Copy dan Cut dalam kondisi tertentu
Delete
menghapus
Symbol
Mengedit simbol
Duplicate
Menggandakan tanpa clipboard
Clone
Menggandakan mengikuti objek utama
Copy Properties From
Mengopi dari properties
Select All (Ctrl + A)
Untuk memblok/menandai semuanya
Find  and Replace
Mencari dan mengganti
Insert Internet Object
Menyisipkan objek dari web
Insert New Object
Menyisipkan objek yang baru
Properties
Menampilkan properties objek

3.      Menu View
Komponen Menu
Fungsi
Sipmple Wireframe
Menampilkan layar simple wireframe
Wireframe
Menampilkan layar dalam modus kasar
Draft
Menampilkan objek dalam modus kasar
Normal
Menampilkan objek dan layar dalam modus normal
Enhanced
Menampilkan layar dalam modus halus
Full Screen Preview
Menampilkan dalam bentuk layar penuh
Preview Selected Only
Menampilkan halaman tertentu
Page Sorter View
Menampilkan semua halaman dalam sorter
Ruler
Menampilkan atau menghilangkan penggaris
Grid
Menampilkan atau menghilangkan garis latar
Guidelines
Menampilkan atau menghilangkan garis bantu
Show
Mengubah tampilan di layar seperti batas kertas dan lain-lain
Enable Rollover
Menampilkan atau menghilangkan tampilan  undo, redo
Snap to Grid
Menuju garis
Snap to Guidelines
Menuju garis bantu
Snap to Objects
Menuju ke objek tertentu

Grid and Ruler Setup
Mengatur garis dan mistar
Guidelines Setup
Mengatur garis bantu
Snap to Objects Setup
Menuju setup objek

1.      Menu Layout
Komponen Menu
Fungsi
Insert Page
Menyisipkan halaman baru
Delete Page
Menghapus halaman
Rename Page
Mengubah nama halaman
Go To Page
Menuju ke halaman tertentu
Switch Page Orientation
Berpindah ke orientasi halaman
Page Setup
Mengatur setup halaman
Page Background
Mengatur latar halaman

2.      Menu Arrange
Komponen Menu
Fungsi
Transformations
Mentranspormasikan objek
Clear Transformations
Menghilangkan transformation
Align and Distribute
Mengatur pendistribusian
Order
Mengatur posisi objek
Group
Menggabung objek
Ungroup
Menguraikan/memisahkan dari group
Ungroup All
Menguraikan/memisahkan dari group semuanya
Combine
Mengombinasikan
Break Apart
Memecah objek
Lock Object
Mengunci objek
Shaping
Mengubah bebtuk objek

3.      Menu Effects
Komponen Menu
Fungsi
Adjust
Untuk mengatur komposisi
Transform
Untuk mentransformasi
Corrections
Untuk mengoreksi
Artistic Media
Untuk memberi garis seni
Belnd
Untuk menggabungkan 2 objek
Contour
Untuk memberi kontur gambar
Envelope
Membuat lipatan-lipatan pada gambar
Extrude
Untuk memberi efek extrude
Lens
Untuk memberi efek lensa
Add Perspective
Untuk memberi perspektif gambar
Power Clip
Untuk memberi efek power Clip
Rollover
Untuk memberi efek putar
Clear Effect
Untuk menghilangkan efek
Copy Effect
Untuk menyalin efek
Clone Effect
Untuk menggandakan efek

4.      Menu Bitmaps
Komponen Menu
Fungsi
Convert to Bitmap
Untuk mengkonversi ke modus bitmap
Edit Bitmap
Untuk mengedit disain berbasis bitmap
Crop Bitmap
Untuk memotong objek bitmap
Trace Bitmap
Untuk membagi bitmap
Resample
Untuk mengembalikan ke aslinya
Mode
Untuk memberi mode
Inflate Bitmap
Untuk membuat flat bitmap
Bitmap Color Mask
Untuk memberi warna
Resolve Link
Untuk mengambil dari halaman internet
Update Form Link
Untuk mengupdate dari internet
3D Effects
Untuk memberi efek 3 dimensi
Art Strokes
Untuk memberi efek seni
Blur
Untuk memberi efek blur
Camera
Untuk memberi efek difuss
Color Transform
Untuk mentransformasi warna
Contour
Untuk memberi kontur
Creative
Untuk memberi efek buatan sendiri
Distort
Untuk memuat bentuk tertentu
Noise
Untuk memberi efek terang gelap
Sharpen
Untuk mempertajam
1.      Menu Text
Komponen Menu
Fungsi
Format Text
Untuk memformat teks
Edit Text
Untuk memperbaiki teks
Insert Character
Untuk menyisipkan karakter
Fit Text to Path
Untuk menggabungkan teks ke objek
Fit Text to Frame
Untuk menggabungkan teks ke frame
Align to Baseline
Untuk meratakan
Straighten Text
Komponen teks
Writing Tool
Untuk menampilkan tool pengetikan
Change Case
Untuk mengatur besar kecil huruf
Make Text Web Compatible
Menggunakan teks dari web yang cocok
Convert
Untuk mengubah teks
Text Statistics
Properties teks
Show Non-Printing Characters
Untuk menampilkan efek noncetak
Link
Untuk menyambungkan ke internet
Unlink
Untuk memutuskan hubungan dengan internet

2.      Menu Tools
Komponen Menu
Fungsi
Options
Untuk menampilkan options
Customization
Untuk menampilkan tools
Color Management
Untuk menampilkan format warna
Save Settings As Default
Untuk menyimpan setting
Object Manager
Untuk menampilkan objek manajer
Object Data Manager
Untuk menampilkan data manajer
View Manager
Untuk menampilkan zoom manajer
Link Manager
Untuk menampilkan link
Undo Docker
Untuk menampilkan docker undo
Internet Bookmark Manager
Untuk menampilkan bookmark
Color Styles
Untuk menampilkan format pewarnaan
Palette Editor
Untuk menampilkan palette
Graphic and Text Styles
Untuk menampilkan grafik
Scrapbook
Untuk menampilkan dari halaman internet

3.      Menu Window
Komponen Menu
Fungsi
New Window
Untuk membuka pane yang baru
Cascade
Untuk penampilan cascading
Tile Horizontally
Untuk menampilkan tile horizontal
Tile Vertically
Untuk menampilkan tile vertikal
Arrange Icons
Untuk menampilkan semua ikon
Color Palettes
Untuk menampilkan palette
Dockers
Untuk menampilkan docker
Toolbars
Untuk menampilkan toolbar
Close
Menutup
Close All
Untuk menutup semua
Refresh Window
Untuk memperbarui tampilan

4.      Menu Help
Komponen Menu
Fungsi
Help Topics
Untuk meminta bantuan per topik
CorelTUTOR
Untuk meminta bantuan secara tutorial
What’s New
Untuk meminta informasi fasilitas terbaru
Technical Support
Untuk mengetahui teknis operasi
Corel on the Web
Untuk meminta informasi Corel di internet
About CorelDraw
Untuk meminta informasi Corel yang digunakan



0 komentar :

Posting Komentar