materi TIK kelas XI SMA smst.1 dan 2
JUMAT, 01 JUNI 2012
Perangkat keras yang digunakan untuk akses Internet
Untuk melakukan akses Internet selain seperangkat komputer minimal sistem operasi yang digunakan adalah window 95 perlu didukung peralatan yang lain antaranya :
1. Modem
Modem singkatan dari Modulator Demodulator berfungsi untuk mengubah gelombang analog menjadi sinyal digital dari kabel telepon sehingga komputer dapat terkoneksi dengan internet. Modem dirancang untuk beroperasi pada kecepatan tertentu biasanya 300, 1200, 2400, 4800 atau 96000 bit per detik dan seterusnya kecepatan modem menentukan kecepatan transmisi data.
ADSL adalah type modem untuk penggunaan accses internet kecepatan tinggi. Umumnya modem ADSL merupakan integrasi dari modem, firewall dan ethernet switch serta router dan mungkin juga dengan transiever. Modem ADSL bekerja pada frekwensi yang berbeda dengan frekwensi yang digunakan dalam percakapan telephon sehingga saluran telephon dapat digunakan untuk percakapan bersamaan dengan penggunaan transmisi data melalui modem ADSL.
2. Saluran Telepon atau TV Kabel atau Hand Phone (HP)
Saluran Telepon merupakan perangkat keras yang harus disediakan dalam rangka akan membangun internet. Selain itu dapat digunakan pula handphone atau telepon seluler yang menyediakan modem dalam alat tersebut sehingga memungkinkan dihubungkan dengan kabel data untuk akses internet. Dengan handpone atau saluran kabel dan modem dial up kita dapat melakukan akses internet, misalnya melalui Telkomnet Instans tanpa harus mendaftar dulu.
Untuk jaringan internet lainnya penggunaan modem dial up harus melakukan pendaftaran terlebih dahulu ke ISP, misalnya CBN dan Indoinstans. Menghubungkan komputer ke internet melalui sambungan jaringan handphone. Dapat dihubungkan melalui Bluetooth maupun usb cable data. Saat online jalur telepon juga tidak terganggu. Bisa menggunakan jaringan GSM maupun CDMA. GSM dapat lebih cepat dengan teknologi 3G atau bahkan teknologi terbaru high speed 3,5G. Sedangkan CDMA menggunakan teknologi CDMA 2000 1x hampir setara dengan 3G. Perhitungan biaya hampir sama semua yaitu menggunakan sistem perhitungan per kilobyte. Kecepatan mulai dari 64kb - 2mb
3. Internet Servis Provider (ISP)
Internet Servis Provider (ISP) merupakan jasa pelayanan yang diberikan salah satu perusahaan untuk melayani akses internet, dimana pemakai diharuskan untuk mendaftar terlebih dahulu, baru setelah itu ISP tersebut memberikan User ID dan Password kepada pelanggannya.
4. User ID dan Password
Untuk menjaga keamanan dari para pengguna internet, ISP memberikan User ID yang disertai Pasword. User ID merupakan identitas pelanggan yang diberikan ISP untuk akses Internet, sedangkan pasword merupakan kata kunci untuk akses internet yang hanya diberikan kepada pelanggan yang mengakses internet, kecuali telkomnet instans memiliki User ID Pasword ynag sama untuk pengguna dan pelanggan internet.
Ethernet Card
Kartu Jaringan (Network Interface Cards (NIC)) merupakan perangkat yang menyediakan media untuk menghubungkan antar komputer, kebanyakan kartu jaringan adalah kartu internal, yaitu kartu jaringan yang di pasang pada slot ekspansi di dalam komputer.
Beberapa komputer seperti komputer MAC, menggunakan sebuah kotak khusus yang ditancapkan ke port serial atau SCSI port komputernya. Pada komputer notebook ada slot untuk kartu jaringan yang biasa disebut PCMCIA slot.
Kartu jaringan yang banyak terpakai saat ini adalah Kartu jaringan Ethernet (Ethernet Card), LocalTalk konektor, dan kartu jaringan Token Ring. Yang saat ini populer digunakan adalah Ethernet.
Sehingga Ethernet Card dapat diartikan sebagai peralatan yang digunakan untuk memungkinkan koneksi suatu sistem, pada umumnya komputer/PC ke jaringan yang menggunakan frame-based technology (digunakan terutama untuk Local Area Network /LAN).
Kartu jaringan Ethernet biasanya dibeli terpisah dengan komputer, kecualiseperti komputer Macintosh yang sudah mengikutkan kartu jaringan Ethernet didalamnya. kartu Jaringan ethernet umumnya telah menyediakan port koneksi untuk kabel Koaksial ataupun kabel twisted pair, jika didesain untuk kabel koaksial konenektorya adalah BNC, dan apabila didesain untuk kabel twisted pair maka akan punya konektor RJ-45. Beberapa kartu jaringan ethernet kadang juga punya konektor AUI. Semua itu di koneksikan dengan koaksial, twisted pair, ataupun dengan kabel fiber optik.
JENIS-JENIS ETHERNET
Jika dilihat dari kecepatannya, Ethernet terbagi menjadi empat jenis, yakni sebagai berikut:
· 10 Mbit/detik, yang sering disebut sebagai Ethernet saja (standar yang digunakan:10Base2, 10Base5, 10BaseT, 10BaseF)
· 100 Mbit/detik, yang sering disebut sebagai Fast Ethernet (standar yang digunakan:100BaseFX, 100BaseT, 100BaseT4, 100BaseTX)
· 1000 Mbit/detik atau 1 Gbit/detik, yang sering disebut sebagai Gigabit Ethernet (standar yang digunakan: 1000BaseCX, 1000BaseLX, 1000BaseSX, 1000BaseT).
· 10000 Mbit/detik atau 10 Gbit/detik. Standar ini belum banyak diimplementasikan.
Modem & Router
MODEM merupakan alat yang berfungsi untuk mengubah sinyal digital komputer menjadi sinyal analog dan sebaliknya. Komputer yang melakukan koneksi dengan internet dihubungkan dengan saluran telpon melalui modem.
Berdasarkan fungsinya modem dibagi menjadi tiga jenis. yaitu:
1. Modem Dial Up
Modem dial Up biasa digunakan oleh Personal Computer (PC) yang langsung dihubungkan melalui saluran telepon. Jenis modem dial up ada dua macam yaitu:
1. Modem InternalMerupakan modem yang dipasang dalam komputer terutama pada slot ekspansi yang tersedia dalam mainboard komputer. Rata-rata kecepatan modem internal untuk melakukan download adalah 56 Kbps.
Keuntungan penggunakan modem internal
1. Lebih hemat tempat dan harga lebih ekonomis.
2. Tidak membutuhkan adaptor sehingga terkesan lebih ringkas tanpa ada banyak kabel.
Kelemahan modem internal
1. Modem ini tidak memerlukan lampu indikator sehingga sulit untuk memantau status modem.
2. Modem ini tidak menggunakan sumber tegangan sendiri sehingga membutuhkan daya dari power supply. Hal ini mengakibatkan suhu dalam kotak CPU bertambah panas.
2. Modem Eksternal
Modem eksternal merupakan modem yang letaknya diluar CPU komputer. Modem ekternal dihubungkan ke komputer melalui port com atau USB. Pemasangan modem ini adalah dengan cara menghubungkan modem ke power dan menghubungkannya lagi ke adaptor lalu disambungkan kembali ke listrik.
Keuntungan modem eksternal:
1. Portabilitas yang cukup baik sehingga bisa pindah-pindah untuk digunakan pada komputer lain
2. Dilengkapi lampu indikator sehingga mudah untuk memantau status dari modem.
Kelemahan dari modem eksternal
1. Harga lebih mahal dari pada modem internal
2. Membutuhkan tempat atau lokasi tersendiri untuk menaruh modem tersebut.
2. Modem Kabel
Modem Kabel (Cable Modem), adalah perangkat keras yang menyambungkan PC dengan sambungan TV kabel. Jaringan TV kabel ini dapat dipakai untuk koneksi ke internet dengan kecepatan lebih tinggi dibandingkan dengan modem dial up atau modem ADSL, kecepatan modem kabel maksimum 27Mbps downstream (kecepatan download ke pengguna) dan 2,5Mbps upstream (kecepatan upload dari pengguna). Sebelum dapat terkoneksi dengan internet, maka pengguna diharuskan untuk melakukan pendaftaran kepada penyedia jasa TV kabel dan ISP (internet Service Provider).
3. Modem ADSL (asymmetric Digital Subscriber line).
ROUTER adalah sebuah alat jaringan komputer yang mengirimkan paket data melalui sebuahjaringan atau Internet menuju tujuannya, melalui sebuah proses yang dikenal sebagairouting. Proses routing terjadi pada lapisan jaringan Internet Protocol (IP).
FUNGSI
· Menghubungkan dua atau lebih rangkaian untuk membentuk satu rangkaian
internetwork.
internetwork.
· Menghubungkan dua rangkaian yang berlainan protokol.
· Mengawal keselamatan rangkaian dengan membuat lapisan pada paket.
JARINGAN KOMPUTER
Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer, software dan perangkatjaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama. Tujuan dari jaringan komputer adalah:
- Membagi sumber daya: contohnya berbagi pemakaian printer, CPU, memori,harddisk
- Komunikasi: contohnya surat elektronik, instant messaging, chatting
- Akses informasi: contohnya web browsing
Agar dapat mencapai tujuan yang sama, setiap bagian dari jaringan komputer meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut pelayan (server). Arsitektur ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.
KLASIFIKASI
Berdasarkan skala :
· Local Area Network (LAN): suatu jaringan komputer yang menghubungkan suatu komputer dengan komputer lain dengan jarak yang terbatas.
· Metropolitant Area Network (MAN): prinsip sama dengan LAN, hanya saja jaraknya lebih luas, yaitu 10-50 km.
Berdasarkan fungsi : Pada dasarnya setiap jaringan komputer ada yang berfungsi sebagaiclient dan juga server. Tetapi ada jaringan yang memiliki komputer yang khusus didedikasikan sebagai server sedangkan yang lain sebagai client. Ada juga yang tidak memiliki komputer yang khusus berfungsi sebagai server saja. Karena itu berdasarkan fungsinya maka ada dua jenis jaringan komputer:
· Client-server
Yaitu jaringan komputer dengan komputer yang didedikasikan khusus sebagai server. Sebuah service/layanan bisa diberikan oleh sebuah komputer atau lebih. Contohnya adalah sebuah domain seperti www.detik.com yang dilayani oleh banyak komputer web server. Atau bisa juga banyak service/layanan yang diberikan oleh satu komputer. Contohnya adalah server jtk.polban.ac.id yang merupakan satu komputer dengan multi service yaitu mail server, web server, file server, database server dan lainnya.
· Peer-to-peer
Yaitu jaringan komputer dimana setiap host dapat menjadi server dan juga menjadi client secara bersamaan. Contohnya dalam file sharing antar komputer di Jaringan WindowsNetwork Neighbourhood ada 5 komputer (kita beri nama A,B,C,D dan E) yang memberi hak akses terhadap file yang dimilikinya. Pada satu saat A mengakses file share dari B bernama data_nilai.xls dan juga memberi akses file soal_uas.doc kepada C. Saat A mengakses file dari B maka A berfungsi sebagai client dan saat A memberi akses file kepada C maka A berfungsi sebagai server. Kedua fungsi itu dilakukan oleh A secara bersamaan maka jaringan seperti ini dinamakan peer to peer.
STANDAR KOMPETENSI
Menggunakan peerangkat lunak pembuat grafis
KOMPETENSI DASAR
1. Menunjukkan menu ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis
INDIKATOR KD 1
§ Mengidentifikasi program disain grafis
§ Menjelaskan pengertian grafis berbasis vector dan grafis berbasis bitmap
§ Mengetahui aplikasi yang digunakan untuk membuat grafis berbasis vector dan grafis berbasis bitmap
§ Menjelaskan pengertian menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis
§ Menerangkan fungsi menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis
§ Mengidentikasi menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak pembuat grafis
§ Menampilkan menu dan ikon yang tersembunyi dan menyembunyikan ikon-ikon yang tidak diperlukan
DISAIN GRAFIS CorelDRAW 12
A. Pengertian
Disain grafis adalah program yang digunakan untuk merancang, mendisain suatu bentuk gambar, logo, foto dan lain sebagainya. Dengan menggunakan program ini kita dapat leluasa melakukan perubahan dan pengeditan gambar sehingga sesuai dengan keinginan kita, karena program ini menyediakan banyak fasilitas sesuai dengan kebutuhan kita dalam mendisain.
Program untuk disain grafis ada bebearap macam diantaranya :
1. Adove Ilustrator
2. Beneba Canvas
3. CorelDRAW
4. Maromedia Freehand
5. Metacreations Expression
6. Micrografx Designer
7. AutoCAD
8. Adobe Photoshop
9. Corel PhotoPaint
10. Macromedia X-Res
11. J Paintshop
12. Metacreations Painter
13. Metacreations Live Picture
14. Micrografx Picture Publisher
15. Microsoft Photo Editor
16. QFX
17. Wright Image
B. Perbedaan Grafis Berbasis Vektor dengan Grafis Berbasis Bitmap
Secara umum semua program disain grafis terdiri dari 2 macam yaitu disain grafis berbasis vektor dan disain grafis berbasis bitmap.
1. Disain Grafis Berbasis Vektor
Disain Grafis Berbasis Vektor adalah disain grafis yang berbasis besaran dan arah, jika gambar diperbesar beberapa kali gambar tetap enak dilihat karena gambar memiliki pixel-pixel yang sangat banyak dan teratur sehingga memiliki bentuk dan warna yang kontinu.
Program aplikasi yang gunakan untuk menghasil gambar berbasis vektor adalah :
1. Adobe Ilustrator
2. Beneba Canvas
3. CorelDRAW
4. Maromedia Freehand
5. Metacreations Expression
6. Micrografx Designer
7. AutoCAD
Format gambar yang dihasil dari jenis program diatas dapat dibedakan menjadi 2 macam yaitu :
1. Scalable Vektor Graphics (SVG)
2. Encapsulated Postscript (EPS)
2. Disain Grafis Berbasis Bitmap
Disain Grafis Berbasis Bitmap adalah disain grafis yang memiliki berjuta-juta titik atau pixel dengan warna yang menawan. Jika gambar diperbesar beberapa kali gambar menjadi kabur, pecah dan tidak enak dilihat karena gambar memiliki titik atau pixel warna yang sedikit dan tidak teratur sehingga menjadi rusak dan tidak enak dilihat.
Program aplikasi yang gunakan untuk menghasil gambar berbasis bitmap adalah :
1. Adobe Photoshop
2. Corel PhotoPaint
3. Macromedia X-Res
4. J Paintshop
5. Metacreations Painter
6. Metacreations Live Picture
7. Micrografx Picture Publisher
8. Microsoft Photo Editor
9. QFX
10. Wright Image
Format gambar yang dihasil dari jenis program diatas dapat dibedakan menjadi 4 macam yaitu :
1. Graphics Interchange Format (GIF)
2. Joint Photographic Experts Group (JPEG)
3. Portable Network Graphics (PNG)
4. Windows Bitmap (BMP)
A. MEMBUKA PROGRAM CorelDRAW 12
Langkah membuka program CorelDRAW 12 :
1. Klik Start
2. Program
3. CorelDraw Graphics Swite 12
4. Klik CorelDRAW 12
Contoh tampilan lembar kerja CorelDraw
B. MENU DAN IKON DALAM APLIKASI PEMBUAT GRAFIS
Menu adalah bagian-bagian yang berisikan daftar-daftar perintah yang diletakkan pada sebuah batang menu, Toolbar/Ikon adalah bagian-bagian yang berisikan tombol-tombol perintah, menu-menu, atau kombinasi dari keduanya yang diletakkan pada bagian bawah menu bar
C. Fungsi menu dan ikon yang terdapat dalam perangkat lunak Disain Grafis
File
|
Edit
|
View
|
Layout
|
Arrange
|
Effects
|
Bitmaps
|
Text
|
Tools
|
Window
|
Help
|
A. Megidentidikasi Komponen Menu
1. Menu File
Komponen Menu
|
Fungsi
|
New (Ctrl + N)
|
Membuka dokumen baru yang masih kosong
|
New Form Template
|
Membuka file baru dari disain template
|
Open (Ctrl + O)
|
Membuka dokumen yang pernah dibuat atau disimpan
|
Close
|
Menutup file
|
Save (Ctrl + S)
|
Menyimpan file disain grafis
|
Save As
|
Menyimpan dengan nama yang baru
|
Revert
|
Balik ke pertama kali sebelum disimpan
|
Acquire Image
|
Memberi efek image/gambar
|
import
|
Mengimpor file dari program lain
|
Export
|
Mengirim gambar ke program lain
|
Send To
|
Mengirim gambar untuk di buat desktop dan lain-lain
|
Print (Ctrl + P)
|
Mencetak disain grafis
|
Print Preview
|
Melihat contoh tampilan gambar yang akan dicetak
|
Print Setup
|
Mengatur hasik pencetakan
|
Prepare For Service Bureau
|
Mengubah file ke CDR
|
Publish To The Web
|
Menyimpan ke halamn Web
|
Publish To PDF
|
Menyimpan dalan bentuk file PDF
|
Document Info
|
Meminta properties tentang dokumen
|
2. Menu Edit
Komponen Menu
|
Fungsi
| |
Undo Mesh Fill (Ctrl+Z)
|
Untuk membatalkan Mesh Fill yang terakhir
| |
Redo
|
Untuk kembali ke sesudahnya
| |
Repeat (Ctrl+R)
|
mengulang
| |
Cut (Ctrl+X)
|
Memotong objek
| |
Copy (Ctrl+C)
|
Menggandakan objek
| |
Paste (Ctrl + V)
|
Menampilkan hasil dari perintah Copy dan Cut
| |
Menampilkan hasil dari perintah Copy dan Cut dalam kondisi tertentu
| ||
Delete
|
menghapus
| |
Symbol
|
Mengedit simbol
| |
Duplicate
|
Menggandakan tanpa clipboard
| |
Clone
|
Menggandakan mengikuti objek utama
| |
Copy Properties From
|
Mengopi dari properties
| |
Select All (Ctrl + A)
|
Untuk memblok/menandai semuanya
| |
Find and Replace
|
Mencari dan mengganti
| |
Insert Internet Object
|
Menyisipkan objek dari web
| |
Insert New Object
|
Menyisipkan objek yang baru
| |
Properties
|
Menampilkan properties objek
|
3. Menu View
Komponen Menu
|
Fungsi
| |
Sipmple Wireframe
|
Menampilkan layar simple wireframe
| |
Wireframe
|
Menampilkan layar dalam modus kasar
| |
Draft
|
Menampilkan objek dalam modus kasar
| |
Normal
|
Menampilkan objek dan layar dalam modus normal
| |
Enhanced
|
Menampilkan layar dalam modus halus
| |
Full Screen Preview
|
Menampilkan dalam bentuk layar penuh
| |
Preview Selected Only
|
Menampilkan halaman tertentu
| |
Page Sorter View
|
Menampilkan semua halaman dalam sorter
| |
Ruler
|
Menampilkan atau menghilangkan penggaris
| |
Grid
|
Menampilkan atau menghilangkan garis latar
| |
Guidelines
|
Menampilkan atau menghilangkan garis bantu
| |
Show
|
Mengubah tampilan di layar seperti batas kertas dan lain-lain
| |
Enable Rollover
|
Menampilkan atau menghilangkan tampilan undo, redo
| |
Snap to Grid
|
Menuju garis
| |
Snap to Guidelines
|
Menuju garis bantu
| |
Menuju ke objek tertentu
|
Grid and Ruler Setup
|
Mengatur garis dan mistar
|
Guidelines Setup
|
Mengatur garis bantu
|
Snap to Objects Setup
|
Menuju setup objek
|
1. Menu Layout
Komponen Menu
|
Fungsi
|
Insert Page
|
Menyisipkan halaman baru
|
Delete Page
|
Menghapus halaman
|
Rename Page
|
Mengubah nama halaman
|
Go To Page
|
Menuju ke halaman tertentu
|
Switch Page Orientation
|
Berpindah ke orientasi halaman
|
Page Setup
|
Mengatur setup halaman
|
Page Background
|
Mengatur latar halaman
|
2. Menu Arrange
Komponen Menu
|
Fungsi
|
Transformations
|
Mentranspormasikan objek
|
Clear Transformations
|
Menghilangkan transformation
|
Align and Distribute
|
Mengatur pendistribusian
|
Order
|
Mengatur posisi objek
|
Group
|
Menggabung objek
|
Ungroup
|
Menguraikan/memisahkan dari group
|
Ungroup All
|
Menguraikan/memisahkan dari group semuanya
|
Combine
|
Mengombinasikan
|
Break Apart
|
Memecah objek
|
Lock Object
|
Mengunci objek
|
Shaping
|
Mengubah bebtuk objek
|
3. Menu Effects
Komponen Menu
|
Fungsi
| |
Adjust
|
Untuk mengatur komposisi
| |
Transform
|
Untuk mentransformasi
| |
Corrections
|
Untuk mengoreksi
| |
Untuk memberi garis seni
| ||
Belnd
|
Untuk menggabungkan 2 objek
| |
Contour
|
Untuk memberi kontur gambar
| |
Envelope
|
Membuat lipatan-lipatan pada gambar
| |
Extrude
|
Untuk memberi efek extrude
| |
Lens
|
Untuk memberi efek lensa
| |
Add Perspective
|
Untuk memberi perspektif gambar
| |
Power Clip
|
Untuk memberi efek power Clip
| |
Rollover
|
Untuk memberi efek putar
| |
Clear Effect
|
Untuk menghilangkan efek
| |
Copy Effect
|
Untuk menyalin efek
| |
Clone Effect
|
Untuk menggandakan efek
|
4. Menu Bitmaps
Komponen Menu
|
Fungsi
| |
Convert to Bitmap
|
Untuk mengkonversi ke modus bitmap
| |
Edit Bitmap
|
Untuk mengedit disain berbasis bitmap
| |
Crop Bitmap
|
Untuk memotong objek bitmap
| |
Trace Bitmap
|
Untuk membagi bitmap
| |
Resample
|
Untuk mengembalikan ke aslinya
| |
Mode
|
Untuk memberi mode
| |
Inflate Bitmap
|
Untuk membuat flat bitmap
| |
Bitmap Color Mask
|
Untuk memberi warna
| |
Resolve Link
|
Untuk mengambil dari halaman internet
| |
Update Form Link
|
Untuk mengupdate dari internet
| |
3D Effects
|
Untuk memberi efek 3 dimensi
| |
Art Strokes
|
Untuk memberi efek seni
| |
Blur
|
Untuk memberi efek blur
| |
Camera
|
Untuk memberi efek difuss
| |
Color Transform
|
Untuk mentransformasi warna
| |
Contour
|
Untuk memberi kontur
| |
Creative
|
Untuk memberi efek buatan sendiri
| |
Distort
|
Untuk memuat bentuk tertentu
| |
Noise
|
Untuk memberi efek terang gelap
| |
Untuk mempertajam
|
1. Menu Text
Komponen Menu
|
Fungsi
|
Format Text
|
Untuk memformat teks
|
Edit Text
|
Untuk memperbaiki teks
|
Insert Character
|
Untuk menyisipkan karakter
|
Fit Text to Path
|
Untuk menggabungkan teks ke objek
|
Fit Text to Frame
|
Untuk menggabungkan teks ke frame
|
Align to Baseline
|
Untuk meratakan
|
Straighten Text
|
Komponen teks
|
Writing Tool
|
Untuk menampilkan tool pengetikan
|
Change Case
|
Untuk mengatur besar kecil huruf
|
Make Text Web Compatible
|
Menggunakan teks dari web yang cocok
|
Convert
|
Untuk mengubah teks
|
Text Statistics
|
Properties teks
|
Show Non-Printing Characters
|
Untuk menampilkan efek noncetak
|
Link
|
Untuk menyambungkan ke internet
|
Unlink
|
Untuk memutuskan hubungan dengan internet
|
2. Menu Tools
Komponen Menu
|
Fungsi
| |
Options
|
Untuk menampilkan options
| |
Customization
|
Untuk menampilkan tools
| |
Color Management
|
Untuk menampilkan format warna
| |
Save Settings As Default
|
Untuk menyimpan setting
| |
Object Manager
|
Untuk menampilkan objek manajer
| |
Object Data Manager
|
Untuk menampilkan data manajer
| |
View Manager
|
Untuk menampilkan zoom manajer
| |
Link Manager
|
Untuk menampilkan link
| |
Undo Docker
|
Untuk menampilkan docker undo
| |
Internet Bookmark Manager
|
Untuk menampilkan bookmark
| |
Color Styles
|
Untuk menampilkan format pewarnaan
| |
Palette Editor
|
Untuk menampilkan palette
| |
Graphic and Text Styles
|
Untuk menampilkan grafik
| |
Untuk menampilkan dari halaman internet
|
3. Menu Window
Komponen Menu
|
Fungsi
|
New Window
|
Untuk membuka pane yang baru
|
Cascade
|
Untuk penampilan cascading
|
Tile Horizontally
|
Untuk menampilkan tile horizontal
|
Tile Vertically
|
Untuk menampilkan tile vertikal
|
Arrange Icons
|
Untuk menampilkan semua ikon
|
Color Palettes
|
Untuk menampilkan palette
|
Dockers
|
Untuk menampilkan docker
|
Toolbars
|
Untuk menampilkan toolbar
|
Close
|
Menutup
|
Close All
|
Untuk menutup semua
|
Refresh Window
|
Untuk memperbarui tampilan
|
4. Menu Help
Komponen Menu
|
Fungsi
|
Help Topics
|
Untuk meminta bantuan per topik
|
CorelTUTOR
|
Untuk meminta bantuan secara tutorial
|
What’s New
|
Untuk meminta informasi fasilitas terbaru
|
Technical Support
|
Untuk mengetahui teknis operasi
|
Corel on the Web
|
Untuk meminta informasi Corel di internet
|
About CorelDraw
|
Untuk meminta informasi Corel yang digunakan
|
0 komentar :
Posting Komentar